PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI
(Pertemuan
Ke 2)
IDENTIFIKASI
Hari /
Tanggal : Senin, Rabu dan
Kamis / 9, 11 dan 12 Jan 2023
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas : 9 (Sembilan ) C, D, E dan F
KD :
4.2.1. Membaca
QS. 49. Al Hujurat: 13 sesuai dengan kaedah tajwid dan makhrajul huruf
DAMAIKAN
NEGERI DENGAN TOLERANSI
APERSEPSI
:
Assalaamu’alaikum
anak-anak didik ku yang soleh dan solehah.
Bagaimna
kabarnya hari ini semoga selalu diberikan keberkahan ya....
Aamiin 3x Yaa
Robbal ‘Aalamiin....
O iya... Mari
kita mulai pelajaran kali ini dengan berdoa dan mengucap sykur kepada Allah SWT
agar senantiasa nikmat yang telah diberikan-Nya bisa menjadi berkah....
Rasa syukur
kita kepada Allah dapat pula kita apresiasikan dalam bentuk taat beribadah
sesuai petunjuk Na dan tetap bersemangat dalam menuntut ilmu....
Bagaimana
anak-anak didik ku yang soleh dan soleha subuh ini sholat tepat waktu kan
sebaiknya yang laki-laki upayakan sholat subuhnya berjama’ah di masjid atau
musholla-musholla terdekat dari rumah mu dan yang perempuan lebih baik
berjama’ah di rumah guna menghindari fitnah, jangan lupa pula nanti sholat
dhuha dan muroja’ah hafalan mu ya...
Semoga apa yg
kita lakukan hari ini bisa menjadi ladang pahala untuk kita semua....
Aamiin 3x Yaa
Robbal ‘Aalamiin....
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Melalui
pendekatan tertulis pada blog dan tayangan video maka kalian akan mampu Membaca
QS. 49. Al Hujurat: 13 sesuai dengan kaedah tajwid dan makhrajul huruf.
VIDEO
PEMBELAJARAN :
PEMBAHASAN
:
Hukum Tajwid
Surat Al Hujurat Ayat 13, Lengkap dengan Arti, Penjelasan, dan Cara Bacanya
Hukum Tajwid
Surat Hujurat ayat 13 penting untuk diketahui setiap Muslim agar tidak salah
dalam melafalkan ayat suci Al Quran. Membaca huruf ataupun kalimat tanpa
mengindahkan kaidah tajwid dapat membuat arti bacaan berubah maknanya. Tajwid
menurut bahasa adalah tahsin, yang artinya memperbaiki, memperkaya, atau memperindah.
Adapun orang yang membaca Al Quran wajib memperhatikan hukum tajwid saat
membaca ayat-ayat Al Quran.
Mengetahui
hukum bacaan kaidah tajwid penting agar ayat yang dibaca tidak keliru
pemaknaannya. Tak terkecuali pada surat Al Hujurat ayat 13. Untuk mengetahui
lebih rinci mengenai hukum tajwid surah Al Hujurat 13 berikut adalah lafal
beserta bacaan latin dan artinya:
يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا
خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ
لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ
عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ
Artinya:
Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan
seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku
agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di
sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui,
Maha Teliti.
Hukum
Tajwid Surat Al Hujurat Ayat 13
Hukum tajwid
pada surah Al Hujurat ayat 13 antara lain mad jaiz munfasil, alif lam
syamsiyah, idgham bighunnah, idgham bilaghunnah, idzhar syafawi, ikhfa, dan
masih banyak lagi.
يٰٓاَيُّهَا = Hukumnya Mad jaiz
munfasil, karena mad thabi'i bertemu hamzah di lain kalimat. Dibaca panjang 2
harakat sampai 5 harakat.
النَّاسُ = Tedapat hukum bacaan
al syamsiyah karena al ta'rif (ال) bertemu huruf ن
dan hukum bacaan mad thabi’i karena fathah diikuti alif. Cara bacanya huruf lam
di masukan ke huruf nun (huruf syamsiyyah).
اِنَّا = hukum bacaan ghunnah
karena ada nun yang bertasydid dan cara bacanya ditahan serta dengung. Serta
hukum bacaan mad thabi’i karena fathah diikuti alif, cara bacanya dibaca
panjangnya 2 harakat.
خَلَقْنٰكُمْ = Terdapat hukum bacaan
qalqalah sugra karena qalqalah matinya asli bukan disebabkan waqaf dan hukum
bacaan mad thabi’i karena ada fathah berdiri.
كُمْ مِّنْ = Terdapat hukum bacaan
idgham mitsli karena mim sukun bertemu huruf م. cara membacanya yaitu
mim mati dimasukan ke huruf mim yang kedua serta ditahan dengan dengung.
مِنْ ذَكَرٍ = terdapat hukum bacaan
ikhfa’ karena nun sukun bertemu huruf ذ. Cara membacanya ditahan
serta dengung condong ke huruf "M".
ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى
= Terdapat hukum bacaan idgham bighunnah karena tanwin bertemu و,
ikhfa’ karena nun sukun bertemu huruf ث, cara bacanya suara
tanwin dimasukan ke huruf wau, cara membacanya di tahan serta dengung.
وَجَعَلْنٰكُمْ = Terdapat hukum bacaan
mad thabi'i karena ada fathah berdiri. cara membacanya dibaca panjang 2
harakat.
كُمْ شُعُوْبًا = Terdapat hukum bacaan
idzhar syafawi karena mim sukun bertemu huruf selain م dan ب,
dalam hal ini berupa huruf ش.
Cara membacanya suara mim mati dibaca dengan jelas.
شُعُوْبًا وَّقَبَآئِلَ
= Terdapat hukum bacaan idgham bighunnah karena tanwin bertemu huruf و
dan hukum bacaan mad wajib muttasil karena mad thabi'i bertemu hamzah dalam
satu kalimat. cara bacanya suara tanwin dimasukan ke huruf wau, cara membacanya
ditahan serta dengung.
لِتَعَارَفُوْا = Terdapat hukum bacaan
mad thabi'i karena fathah diikuti alif dan hukum bacaan mad thabi'i lagi karena
dhummah diikuti wawu sukun. Cara membacanya dibaca panjangnya 2 harakat.
اِنَّ = Terdapat hukum bacaan
ghunnah karena ada nun yang bertasydid. Cara bacanya suara tanwin dimasukan ke
huruf wau, cara membacanya ditahan serta dengung.
اَكْرَمَ = Terdapat hukum bacaan
ra' tafkhim (ra' tebal) karena ra' berharakat fathah.
كُمْ عِنْدَ = Terdapat hukum bacaan
idzhar syafawi karena mim sukun bertemu huruf selain م dan ب
dalam hal ini huruf ع dan hukum bacaan ikhfa’ karena nun sukun
bertemu huruf د
عِنْدَ اللّٰهِ =Terdapat hukum bacaan
lam tafkhim (lam tebal) karena lafadz jalalah (الله) didahului harakat
farhah. cara membacanya lafadz allah
dibaca tebal panjangnya 2 harakat.
اَتْقٰىكُمْ = Terdapat hukum bacaan
mad thabi'i karena ada fathah berdiri. Cara membacanya dibaca panjangnya 2
harakat.
PETUNJUK
PEMBELAJARAN :
Baca materinya
dan simak videonya terlebih dahulu lalu fahami
TUGAS
:
Bacalah satu
per satu di depan kelas di kelas QS. 49. Al Hujurat: 13 sesuai dengan kaedah
tajwid dan makhrajul huruf.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar