Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti SAS Kelas 8 Semester Ganjil

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

IDENTITAS

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Fase

8 (Delapan)  / Fase D

Elemen Mapel

Aqidah Akhlak dan Sejarah

Pertemuan Ke

SAS

Guru Pengampu

Achmad Rifki, S.Ag

Waktu Pembelajaran

Kamis / 28 November 2024

(Sesuai Jadwal)

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)

Elemen Mapel

Capaian Pembelajaran

Aqidah dan Akhlak

Tema 1 Menjadi Generasi Pecinta Al-Qur’an Yang Toleran

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu:

1.        Peserta didik dapat membaca Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S.

2.        Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13.

3.        Peserta didik dapat menulis Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13

4.        Peserta didik dapat menghafal Q.S. Ar-Rum/30: 41, Q.S. Ibrahim/14: 32 dan Q.S. Az-Zukhruf/43: 13.

5.        Peserta didik dapat menjelaskan hukum bacaan lam jalalah dan menjelaskan makna Iman kepada Kitab-kitab Allah Swt.

6.        Peserta didik dapat menunjukkan contoh bacaan lam jalalah dan ra.

Tema 2 Al-Quran Dan Sunnah Sebagai Pedoman Hidup

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu:

1.   menjelaskan perbedaan kitab dan suhuf

2.        Peserta didik dapat menunjukkan contoh perbuatan yang mencerminkan Iman kepada Kitabkitab Allah Swt

3.        Peserta didik dapat mengimplementasikan cara beriman kepada kitab-kitab Allah Swt

4.        Peserta didik dapat menjelaskan cara menjadi generasi yang mencintai Al-Qur’an

5.        Peserta didik dapat menjelaskan ciri-ciri generasi cinta Al-Qur’an

6.        Peserta didik dapat menyebutkan hikmah beriman kepada Kitab Allah Swt

Tema 3 Menjadi pribadi berintegritas dengan sifat amanah dan jujur

1.   Peserta didik dapat bentuk-bentuk kejujuran

2.   Dapat menerapkan sikap jujur dalam kehidupan sehari-hari

3.   Peserta didik dapat menjelaskan secara mendalam hikmah sikap amanah dan Implementasinya.

Tema 4 Ibadah dengan Disiplin dan Penuh Harap

1.   Dapat menjelaskan pengertian Shalat Istisqa beserta dalilnya

2.   Dapat menjelaskan ketentuan Shalat Istisqa

3.   Tata Cara Pelaksanaan Shalat Istisqa

4.   Hikmah Shalat Istisqa

Tema 5 Peradaban Islam pada Masa Abbasiyah (750–1258M)

1.   Menjelaskan Bait al-Hikmah sebagai pusat studi ilmu pengetahuan

2.   menjelaskan kemajuan peradaban Islam di bidang Seni pada masa Bani Abbasiyah

3.   menjelaskan kemajuan peradaban Islam di bidang ilmu pengetahuan pada masa Bani Abbasiyah

Pada akhir fase D ini, peserta didik mendalami Semua materi. Mereka dapat menjelaskan dan Implementasinya.

TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui pemahaman dan penyampaian materi melalui blog ini sebagai bahan literasi pendukung, peserta didik dapat membaca dan mengetahui makna yang terkandung Menjadi Generasi Pecinta Al-Qur’an Yang Toleran  dengan baik serta mempresentasikan maknanya di depan kelas menggunakan PPT atau video/mind map atau karya lain sesuai dengan diferensiasi gaya belajar siswa.

Assalamu'alaikum Wa Rohmatullahi .Wa Barokatuh.

 

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Sebelum kita memasuki materi hari ini, mari kita  ingat lagi tentang materi

untuk melihat kisi-kisi klik link di bawah ini

 Kisi-Kisi silahkan klik

Tidak ada komentar: