Kelas 7 Kisi-kisi UAS Semester Genap diberikan pada tanggal 23, dan 26 Mei 2022

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

IDENTIFIKASI

Hari / Tanggal     : Senin dan Kamis / 23 dan 26 Mei 2022

Mata Pelajaran   : Pendidikan Agama Islam

Kelas                  : 7 (Tujuh ) A, B, C dan D

KD :

4.2.3 Menyajikan keterkaitan  ikhlas, sabar, dan pemaaf dengan pesan QS. An-Nisá/4: 146, QS. Al-Baqarah/2: 153, dan QS. Áli Imrān/3: 134

1.3. Beriman kepada malaikat Allah Swt

3.2. Memahami makna iman kepada malaikat berdasarkan dalil naqli

4.2. Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan iman kepada malaikat

1.6. Menyakini bahwa hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama adalah perintah agama

2.6. Menunjukkan perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru, dan berempati terhadap sesama dalam kehidupan sehari-hari

3.6. Mahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama

1.9. Menunaikan Sholat Jum’at sebagai implementasi pemahaman ketaatan beribadah.

2.9. Menunjukkan perilaku peduli terhadap sesama dan lingkungan sebagai implementasi pelaksanaan Sholat Jum’at.

3.9. Memahami ketentuan Sholat Jum’at.

3.11. Memahami ketentuan shalat Jamak Qasar

3.11.1. Menjelaskan pengertian shalat jamak qasar

1.7. Menunaikan shalat jamak qasar ketika bepergian jauh (musafir) sebagai implementasi dari pemahaman ketaatan beribadah

1. 2.10 Meneladani sikap terpuji al-Khulafaur Ar-Rasyidμn

1. 2. 11 Menyebutkan sikap terpuji yang dimiliki oleh al-Khulafaur Ar-Rasyidμn

1. 2. 13 Menjelaskan sikap terpuji yang dimiliki oleh al-Khulafaur Ar Rasyidμn.

2. 3.14 Mengetahui sikap terpuji

APERSEPSI :

Assalaamu’alaikum anak-anak didik ku yang soleh dan solehah.

Bagaimna kabarnya hari ini semoga selalu diberikan keberkahan ya....

Aamiin 3x Yaa Robbal ‘Aalamiin....

O iya... Mari kita mulai pelajaran kali ini dengan berdoa dan mengucap sykur kepada Allah SWT agar senantiasa nikmat yang telah diberikan-Nya bisa menjadi berkah....

Rasa syukur kita kepada Allah dapat pula kita apresiasikan dalam bentuk taat beribadah sesuai petunjuk Nya dan tetap bersemangat dalam menuntut ilmu....

Bagaimana anak-anak didik ku yang soleh dan soleha subuh ini sholat tepat waktu kan sebaiknya yang laki-laki upayakan sholat subuhnya berjama’ah di masjid atau musholla-musholla terdekat dari rumah mu dan yang perempuan lebih baik berjama’ah di rumah guna menghindari fitnah, jangan lupa pula nanti sholat dhuha dan muroja’ah hafalan mu ya...

Semoga apa yg kita lakukan hari ini bisa menjadi ladang pahala untuk kita semua....

Aamiin 3x Yaa Robbal ‘Aalamiin....

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Melalui pendekatan tertulis pada blog maka diharapkan dapat mengetahui kisi-kisi ujian akhir semester genap TP 2021-2022.

PEMBAHASAN :

NO

KOMPETENSI DASAR

MATERI

PELAJARAN

INDIKATOR

SOAL

LEVEL KOGNITIF

NO SOAL

1.

3.2 

Memahami  makna Q.S. An-Nisa (4):146, Q.S. Al Baqarah (2):153, dan Q.S. Ali Imran (3): 134, serta hadis terkait tentang ikhlas, sabar dan pemaaf.

Ikhlas, sabar dan pemaaf.

 

1.      Disajikan Q.S. An-Nisa (4):146 peserta didik dapat menyebutkan potongan ayat yang mengandung hukum nun mati dengan benar.

L2

1

2.      Disajikan Q.S. An-Nisa (4):146 peserta didik dapat menyebutkan arti potongan ayat yang garis bawahi dengan tepat

L1

2

3.      Disajikan Q.S. An-Nisa (4):146 peserta didik dapat dapat menentukan isi kandungannya dengan tepat.

L1

3

4.      Disajikan Q.S. Al Baqarah (2):153 peserta didik dapat menyebutkan potongan ayat yang mengandung hukum nun mati dengan benar

L2

4

5.      Disajikan Q.S. Al Baqarah (2):153 peserta didik dapat menyebutkan arti potongan ayat yang garis bawahi dengan tepat.

L1

5

6.      Disajikan Q.S. Al Baqarah (2):153 peserta didik dapat menentukan isi kandungannya dengan tepat

L1

6

7.      Ditampilkan ayat dari Q.S. Ali Imran (3): 134,peserta didik dapat menyebutkan potongan ayat yang mengandung hukum nun mati dengan benar

L2

7

8.      Ditampilkan ayat dari Q.S. Ali Imran (3): 134,peserta didik dapat menyebutkan arti potongan ayat yang garis bawahi dengan tepat

L1

8

9.      Ditampilkan ayat dari Q.S. Ali Imran (3): 134, peserta didik dapat menentukan isi kandungannya. dengan benar

L1

9

2

3.4

Memahami makna iman kepada malaikat  berdasarkan dalil naqli

 

Iman kepadamalaikat Allah

10.  Ditampilkan QS. Al-Anbya  ayat 19 peserta didik dapat menentukan isi kandungannya dengan benar

L1

10

11.  Ditampilkan Qs. At-Tahrim/66:6  peserta didik dapat menentukan isi kandungannya dengan benar

L1

11

12.  Ditampilkan tabel nama-nama malaikat peserta didik dapat menjodohkannya dengan tugas-tugas malaikat dengan tepat.

L2

12

13.  Ditampilkan beberapa asal pemciptaan makhluk Allah SWT, peserta didik dapat menentukan asal penciptaan malaikat oleh Allah SWT dengan benar.

L2

13

14.  Ditampilkan taele sifat-sifat  makhluk Allah SWT , peserta didik dapat menggolongkannya kedalam sifat-sifat malaikat dengan tepat.

L2

14

15.  Ditampilkan beberapa contoh perilaku manusia, peserta didik dapat menunjukan yang termasuk contoh perilaku beriman kepada malaikat dengan benar.

L3

15

16.  Ditampilkan beberapa contoh hikmah, peserta didik dapat menunjukan yang termasuk contoh hikmah iman kepada malaikat-malaikat Allah Swt. dengan benar.

L3

16

3

3.6

Memahami makna hormat dan patuh kepada kedua orang tua dan guru, dan empati terhadap sesama.

 

Hormat dan patuhkepadakedua orang tua, guru dan empati.

17.  Ditampilkan surah Al- Baqarah/2:83, peserta didik dapat mengartikannya sebagai implementasi dari salah satu akhlakul kharimah, dengan benar

L3

17

18.  Ditampilkan surah An nisa/ 4:8, peserta didik dapat mengartikannya sebagai implementasi dari salah satu akhlakul kharimah, dengan benar

L3

18

19.  Ditampilkan beberapa contoh perilaku, peserta didik dapat mengklasifikasikannya sebagai wujud hormat dan patuh kepada kedua orang tua dengan tepat

L2

19

20.  Ditampilkan beberapa contoh perilaku, peserta didik dapat mengklasifikasikannya sebagai wujud hormat dan patuh kepada guru dengan tepat

L2

20

21.  Ditampilkan beberapa contoh perilaku, peserta didik dapat mengklasifikasikannya sebagai wujud empati kepada sesama  dengan tepat

L2

21

22.  Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan sebab manusia harus menghormati orang tua dengan benar.

L3

22

23.  Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan sebab manusia harus menghormati guru  dengan benar

L3

23

4

3.9 

Memahami ketentuan shalat Jumat 

 

TatacarashalatJumat

24.  Ditampilkan kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapinya sebagai definisi shalat Jum’at, dengan benar

L1

24

25.  Ditampilkan beberapa ayat, peserta didik dapat menentukan ayat yang merupakan dalil wajib shalat Jum’at dengan tepat.

L2

25

26.  Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengklasifikasikannya ke dalam syarat wajib shalat Jum’at dengan tepat.

L2

26

27.  Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengklasifikasikannya ke dalam syarat sah shalat Jum’at dengan tepat.

L2

27

28.  Ditampilkan beberapa ilustrasi, peserta didik dapat menunjukkan golongan orang yang tidak diwajibkan menunaikan shalat Jum’at, dengan benar.

L1

28

29.  Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengklasifikasikannya ke dalam sunnah sebelum shalat Jum’at dengan tepat.

L1

29

30.  Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengklasifikasikannya ke dalam sunnah ketika shalat Jum’at dengan tepat.

L1

30

31.  Ditampilkan beberapa aspek kegiatan khutbah, peserta didik dapat mengurutkannya sebagai rukun khutbah dengan tepat

L3

31

32.  Ditampilkan beberapa hikmah, peserta didik dapat menunjukkan hikmah dari shalat Jumat dengan benar.

L3

32

33.  Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat mengklasifikasikannya ke dalam syarat wajib shalat Jum’at dengan tepat.

L1

33

5

 

3.10 

Memahami ketentuan shalat jamak qasar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tatacarashalatjamakqasar

34.  Ditampilkan kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapinya sebagai definisi shalat jamak, dengan benar

L1

34

35.  Ditampilkan kalimat rumpang, peserta didik dapat melengkapinya sebagai definisi shalat qasar, dengan benar

L1

35

36.  Ditampilkan beberapa ayat, peserta didik dapat menentukan ayat yang merupakan dalil shalat jamak dengan tepat.

L2

36

37.  Ditampilkan beberapa ayat, peserta didik dapat menentukan ayat yang merupakan dalil shalat qasar dengan benar.

L2

37

38.  Ditampilkan beberapa nama shalat, peserta didik dapat menunjukkan shalat-shalat yang boleh dijamak dengan tepat

L3

38

39.  Ditampilkan beberapa nama shalat, peserta didik dapat menunjukkan shalat-shalat yang boleh diqasar dengan tepat

L3

39

40.  Ditampilkan suatu ilustrasi, peserta didik dapat menunjukkan contoh pelaksanaan shalat jamak qasar dengan tepat.

L2

40

41.  Ditampilkan suatu ilustrasi, peserta didik dapat menunjukkan contoh pelaksanaan shalat jamak dengan tepat.

L2

41

42.  Ditampilkan suatu ilustrasi, peserta didik dapat menyebutkan macam-macam shalat jamak dengan benar.

L1

42

43.  Ditampilkan beberapa pernyataan, peserta didik dapat menunjukkan syarat-syarat diperbolehkannya shalat jamak qasar.

L3

43

6.

3.12.

Memahami sejarah perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun

Sejarah perjuangan dan kepribadian al-Khulafa al-Rasyidun

44.  Ditampilkan beberapa karakter, peserta didik dapat menunjukkan karakter al-Khulafaur al-Rasyidun Abu Bakar as-Shidiq dengan tepat

L2

44

45.  Ditampilkan beberapa karakter, peserta didik dapat menunjukkan karakter al-Khulafaur al-Rasyidun Umar bin Khatab dengan tepat

L2

45

46.  Ditampilkan beberapa karakter, peserta didik dapat menunjukkan karakter al-Khulafaur al-Rasyidun Usman bin Affan dengan tepat

L2

46

47.  Ditampilkan beberapa gelar, peserta didik dapat menunjukkan gelar al-Khulafaur al-Rasyidun Ali bin Abi Thalib dengan tepat

L1

47

48.  Ditampilkan beberapa gelar, peserta didik dapat menunjukkan gelar al-Khulafaur al-Rasyidun Abu Bakar as-Shidiq dengan tepat

L1

48

49.  Ditampilkan beberapa gelar, peserta didik dapat menunjukkan gelar al-Khulafaur al-Rasyidun Umar bin Khatab dengan tepat

L1

49

50.  Ditampilkan suatu ilustrasi, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku yang sesuai dengan karakter al-Khulafaur al-Rasyidun Usman bin Affan dengan tepat

L3

50

Catatan

L1: Mudah

L2:  Sedang

L3:  Sulit

PETUNJUK PEMBELAJARAN :

Baca terlebih dahulu lalu fahami,

TUGAS :

Setelah membaca tulisan di atas maka kalian wajib berkomentar sebagai absen kehadiran pembelajaran dan mengulang pembelajaran yang sudah diberikan.

13 komentar:

Shakila mengatakan...

Assalamualaikum
Nama:Shakila alissa putri
Kelas:7A
No.absen:25
Ket:hadir

Jasmine mengatakan...

Assalamualaikum
Nama: Jasmine Assalwa M
Kelas:7A
Ket:hadir

keysha ozora mengatakan...

Assalamu'alaikum pak
Nama:Keysha ozora aditya putri
Kelas:7B
No.absen:10
Ket:Hadir

Cinta mengatakan...

Assalamualaikum Pak
Nama : Cinta
Kelas : 7A
No Absen : 4
Keterangan : Hadir

Khairunnisa m sasikirana mengatakan...

Assalamualaikum
Nama: Khairunnisa m sasikirana
Kelas:7a
Ket:hadir

Shakira Maharani mengatakan...

Assalamualaikum
Shakira Maharani Harnawan
7B
Hadir

Alvira mengatakan...

Assalamualaikum
Alvira candra
Kelas 7A
Hadir

Zafira Hanum Zelgia mengatakan...

Assalamualaikum
Zafira Hanum Selgia
7b
Hadir

Nana mengatakan...

Assalamu'alaikum
Nama:Fatir al afdhal putro herdianto
Kelas:7A
Ket:Hadir

Zafira Hanum Zelgia mengatakan...

Assalamualaikum
Keyzia Indah Azzahra
Kelas 7B
Hadir

Zafira Hanum Zelgia mengatakan...

Assalamualaikum
Astrid Sandrina A
7b
Ket: Hadir

Unknown mengatakan...

Assalamualaikum
Tirza adilah harahap
7b
Hadir

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum pak
Farros Aisy Raudho
7D
6
Terima kasih pak🙏