Pendidikan Agama Islam & Budi Pekerti P5 Kelas 8 Tema Kebhinekaan Global Topik Keragaman Nusantara

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI

IDENTITAS

Mata Pelajaran

Pendidikan Agama Islam

Kelas / Fase

8 (Delapan)  / Fase D

Elemen Mapel

P5 Tema Kebhinekaan Global Topik Keragaman Nusantara

Pertemuan Ke

1 (Satu)

Guru Pengampu

Achmad Rifki, S.Ag

Waktu Pembelajaran

Rabu, Kamis dan Jum’at / 30, 31 Okt dan 1 Nov 2024 (Sesuai Jadwal)

CAPAIAN PEMBELAJARAN (CP)

Elemen Mapel

Capaian Pembelajaran

Aqidah

Pada akhir fase ini, peserta didik mampu:

·       Mampu beradaptasi dalam lingkungan global yang beragam

·       Mengapresiasi Keberagaman Budaya Indonesia

Tujuan Kegiatan

Projek ini dirancang sebagai bagian dari P5, yang merupakan inisiatif kurikulum merdeka untuk membentuk karakter pelajar Indonesia yang berkepribadian Pancasila, toleran, dan mampu beradaptasi dalam lingkungan global yang beragam. Tema kebhinekaan global dipilih untuk menggali kekayaan budaya Indonesia dan mengenalkan siswa kepada keragaman suku, adat istiadat, dan tarian tradisional di Indonesia.

Assalamu'alaikum Wa Rohmatullahi .Wa Barokatuh.

 الـحَمْدُ للهِ رَبِّ العَالَـمِيْنَ ، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى أَشْرَفِ الأَنْبِيَاءِ وَالـمُرْسَلِيْنَ ، نَبِيِّنَا وَحَبِيْبِنَا مُـحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْـمَعِيْنَ ، وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ الدِّيْنِ ، أَمَّا بَعْدُ

Alhamdulillaahi robbil ‘aalamiin, wassholaatu wassalaamu ‘alaa asyroofil anbiyaa-i wal mursaliin, nabiyyinaa wahabiibinaa muhammadin, wa’ala alihi washahbihi aj’ma’iin,wa mantabi’ahum biihsanin ilaa yaumiddin, Amma ba’du.

Sebelum kita memasuki materi hari ini, mari kita  ingat lagi tentang materi Sebelumnya yakni Kebhinekaan Global Topik Keragaman Nusantara

MATERI

Projek P5 Tema Kebhinekaan Global: Mengapresiasi Keberagaman Budaya Indonesia di SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung

Pada hari Jumat mendatang, 01 November 2024, SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung diharapkan sukses menggelar salah satu agenda penting dalam rangka Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Kebhinekaan Global. Kegiatan yang bertajuk Mengapresiasi Keberagaman Budaya Indonesia ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan ragam budaya pakaian adat yang ada di Nusantara sekaligus menanamkan nilai-nilai kebhinekaan kepada para siswa.

Partisipasi Siswa dan Guru

Seluruh siswa dari kelas 8 dalam projek ini. Dengan bimbingan guru Mata Pelajaran dan wali kelas, para siswa dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mempelajari dan menampilkan pakaian adat tradisional dari berbagai daerah.

Penyelenggaraan Acara

Acara direncanakan akan dimulai pada hari Jum’at Tanggal 01 November 2024 pukul 09.00 WIB di aula sekolah.

Dengan Rundown Kepala sekolah SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung, yakni Bapak Yusuf Effendi, S.Pd, akan memberikan sambutan pembuka. Dalam pidatonya, beliau diminta untuk menekankan pentingnya kebhinekaan sebagai modal utama untuk membangun persatuan bangsa. “Pakaian Adat tradisional bukan hanya sekadar seni, tetapi juga cerminan identitas dan keberagaman kita sebagai bangsa. Dengan mengenal dan menghargai kebudayaan dari daerah lain, kita juga belajar untuk menghargai perbedaan,”.

Setiap kelompok siswa menampilkan Pakaian Adat secara bergantian yang mencerminkan budaya asal . Penampilan para siswa nantinya akan mendapat apresiasi yang luar biasa dari para guru dan rekan-rekan mereka. Tidak hanya menampilkan, setiap kelompok juga memberikan sedikit penjelasan tentang asal-usul dan makna dari Pakaian Adat yang mereka tampilkan.

Pesan Kebhinekaan dalam Tarian

Kegiatan ini memberikan banyak pelajaran berharga bagi para siswa. Mereka juga mendalami makna filosofis di balik setiap Pakauan Adat yang berasal dari berbagai suku dan budaya. Siswa-siswa diajak untuk menyadari bahwa meskipun Indonesia terdiri dari banyak suku, agama, dan budaya, semuanya tetap bersatu di bawah bingkai kebangsaan yang sama.

Salah satu siswa akan di minta mengungkapkan kesannya tentang kegiatan ini.

Penutup dan Harapan

Acara akan ditutup dengan foto bersama dan pesan harapan dari para guru dan kepala sekolah.

Harapan agar kegiatan ini bisa memberikan dampak positif bagi siswa untuk lebih mencintai dan melestarikan budaya Indonesia serta memiliki pandangan global yang terbuka terhadap perbedaan. Kegiatan ini tidak hanya melatih kemampuan seni siswa, tetapi juga memperkuat karakter mereka sebagai generasi penerus bangsa yang toleran dan menghargai keragaman.

Projek P5 Tema Kebhinekaan Global ini menjadi salah satu langkah konkret SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila dan memperkenalkan siswa pada kebudayaan bangsa. Semangat kebhinekaan ini diharapkan akan terus tumbuh dan terpatri di hati setiap siswa dalam kehidupan sehari-hari.

EVALUASI

1.     Siswa dan guru menyimpulkan pembelajaran hari ini.

2.     Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

3.     Menginformasikan kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan pada pertemuan berikutnya.

4.     Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan dan motivasi tetap semangat belajar dan diakhiri dengan berdoa.

KESIMPULAN

Bagaimana anak anak, pada materi kali ini apakah kalian sudah memahami makna dan mampu memahami tentang badah dengan Disiplin dan Penuh Harap Kepada Allah SWT serta Peduli terhadap Sesama Kebhinekaan Global Topik Keragaman Nusantara.

Baiklah... Berikut kesimpulan materinya : ibadah dengan Disiplin dan Penuh Harap Kepada Allah SWT serta Peduli terhadap Sesama Melalui Kebhinekaan Global Topik Keragaman Nusantara maka  harus mampu berakhlaq dan beraqidah baik dan benar sesuai ajaran islam. Karena keselamatan hidup di masa yang akan datang. Aturannya adalah arah jalan yang lurus.

Tetap semangat  dalam belajar tanpa batas karena islam mengajarakan kepada kita semua BELAJARLAH MULAI DARI BUAIAN HINGGA LIANG LAHAT.

BUKU REFERENSI :

Buku Pendidikan Agama dan Budi Pekerti terbitan Kemdikbud Kurikulum Merdeka.

Buku Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Tiga serangkai Kurikulum merdeka

Kitab Al-Quran Terbitan Kementrian Agama

Harimurti, Shubhi Mahmashony. (20155). Seni pada Masa Pemerintahan Dinasti Abbasiyah Tahun 711-950 Masehi. Jurnal Kajian Seni, 1 (2): 194-204. Subarman, Munir. (2015). Sejarah Kelahiran, Perkembangan dan Masa Keemasan Peradaban Islam. Yogyakarta: Deepublish.

Tidak ada komentar: